Setiap kali Anda memasukkan query di mesin
pencarian dan tekan 'masukkan' Anda mendapatkan daftar hasil web yang berisi
istilah query. Pengguna biasanya cenderung untuk mengunjungi situs-situs yang
berada di bagian atas daftar ini karena mereka menganggap mereka menjadi lebih
relevan dengan query. Jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa beberapa website
peringkat lebih baik daripada yang lain maka Anda harus tahu bahwa itu adalah
karena teknik web pemasaran yang kuat disebut Search Engine Optimization (SEO).
SEO adalah teknik yang membantu mesin pencari
menemukan dan peringkat situs Anda lebih tinggi dari jutaan situs lain dalam
menanggapi permintaan pencarian. SEO demikian membantu Anda mendapatkan lalu
lintas dari mesin pencari.
Tutorial SEO mencakup semua informasi yang
diperlukan yang perlu Anda ketahui tentang Search Engine Optimization - apa
itu, bagaimana cara kerjanya dan perbedaan dalam kriteria peringkat mesin
pencari utama.
1. Bagaimana
Search Engine Bekerja
Kebenaran dasar pertama yang perlu Anda ketahui
untuk belajar SEO adalah mesin pencari yang tidak manusia. Sementara ini
mungkin jelas bagi semua orang, perbedaan antara bagaimana manusia dan mesin
pencari melihat halaman web tidak. Tidak seperti manusia, mesin pencari
teks-driven. Meskipun teknologi kemajuan pesat, mesin pencari jauh dari makhluk
cerdas yang dapat merasakan keindahan desain yang dingin atau menikmati suara
dan gerakan dalam film. Sebaliknya, mesin pencari menjelajah Web, melihat item
situs tertentu (terutama teks) untuk mendapatkan ide apa sebuah situs adalah
tentang. Penjelasan singkat ini bukan yang paling tepat karena seperti yang
kita akan lihat selanjutnya, mesin pencari melakukan beberapa kegiatan dalam
rangka untuk memberikan hasil pencarian - merangkak, pengindeksan, pengolahan,
menghitung relevansi, dan mengambil.
Pertama, mesin pencari menjelajah Web untuk melihat
apa yang ada. Tugas ini dilakukan oleh sebuah software, yang disebut crawler
atau spider (atau Googlebot, seperti halnya dengan Google). Spider mengikuti
link dari satu halaman ke halaman lain dan indeks segala sesuatu yang mereka
temukan di jalan mereka. Setelah di pikiran jumlah halaman di Web (lebih dari
20 miliar), adalah mustahil untuk spider mengunjungi situs harian hanya untuk
melihat apakah suatu halaman baru telah muncul atau jika halaman yang telah ada
telah dimodifikasi, kadang-kadang crawler tidak mungkin berakhir sampai
mengunjungi situs Anda untuk satu atau dua bulan.
Apa yang dapat Anda lakukan adalah untuk memeriksa
apa yang crawler melihat dari situs Anda. Seperti telah disebutkan, crawler
tidak manusia dan mereka tidak melihat gambar, film Flash, JavaScript, frame,
halaman dilindungi sandi dan direktori, jadi jika Anda memiliki ton ini di
situs Anda, Anda sebaiknya menjalankan Spider Simulator di bawah ini untuk
melihat apakah ini Goodies yang dapat dilihat oleh laba-laba. Jika mereka tidak
dapat dilihat, mereka tidak akan spider, tidak diindeks, tidak diproses, dll -
dengan kata lain mereka akan tidak ada untuk mesin pencari.
Setelah halaman dijelajahi, langkah berikutnya
adalah untuk indeks isinya. Halaman diindeks disimpan dalam database raksasa,
dari mana nanti dapat diambil. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah
mengidentifikasi kata-kata dan ungkapan yang paling menggambarkan halaman dan
menugaskan halaman untuk kata kunci tertentu. Untuk manusia tidak akan mungkin
untuk memproses jumlah tersebut informasi tetapi umumnya mesin pencari
menangani baik-baik saja dengan tugas ini. Kadang-kadang mereka mungkin tidak
mendapatkan arti dari hak halaman tetapi jika Anda membantu mereka dengan
mengoptimalkan itu, akan lebih mudah bagi mereka untuk mengklasifikasikan
halaman Anda dengan benar dan untuk Anda - untuk mendapatkan peringkat yang
lebih tinggi.
Ketika datang permintaan pencarian, mesin pencari
proses itu - yakni membandingkan string pencarian dalam permintaan pencarian
dengan halaman yang terindeks dalam database. Karena ada kemungkinan bahwa
lebih dari satu halaman (praktis itu adalah jutaan halaman) berisi string
pencarian, mesin pencari mulai menghitung relevansi dari setiap halaman dalam
indeks dengan string pencarian.
Ada berbagai algoritma untuk menghitung relevansi.
Masing-masing algoritma mempunyai bobot relatif berbeda untuk faktor umum
seperti kepadatan kata kunci, link, atau metatags. Itulah sebabnya mesin
pencari berbeda memberikan hasil pencarian halaman yang berbeda untuk string
pencarian yang sama. Terlebih lagi, itu adalah fakta diketahui bahwa semua
mesin pencari utama, seperti Yahoo!, Google, Bing, dll secara periodik mengubah
algoritma dan jika Anda ingin tetap di bagian atas, Anda juga perlu
menyesuaikan halaman Anda terhadap perubahan terbaru . Ini adalah salah satu
alasan (yang lainnya adalah pesaing Anda) untuk mengabdikan upaya permanen
untuk SEO, jika Anda ingin berada di puncak.
Langkah terakhir dalam aktivitas pencarian mesin
'ini sedang mengambil hasilnya. Pada dasarnya, itu tidak lebih dari sekadar
menampilkan mereka dalam browser - yaitu halaman tak berujung hasil pencarian
yang diurutkan dari yang paling relevan dengan situs yang paling relevan.
2. Perbedaan
Antara Mayor Search Engine
Meskipun prinsip dasar operasi dari semua mesin
pencari adalah sama, perbedaan kecil antara mereka menyebabkan perubahan besar
dalam hasil relevansi. Untuk mesin pencari yang berbeda faktor yang berbeda
adalah penting. Ada saat-saat, ketika para ahli SEO bergurau bahwa algoritma
Bing yang sengaja dibuat hanya kebalikan dari orang-orang dari Google.
Sementara ini mungkin memiliki kebenaran, ini adalah masalah fakta bahwa mesin
pencari utama seperti hal-hal yang berbeda dan jika Anda berencana untuk
menaklukkan lebih dari satu dari mereka, Anda perlu mengoptimalkan hati-hati.
Ada banyak contoh perbedaan antara search engine.
Misalnya, untuk Yahoo! dan Bing, faktor on-halaman kata kunci merupakan
kepentingan utama, sedangkan untuk link Google sangat, sangat penting. Juga,
untuk situs Google seperti anggur - yang lebih tua, semakin baik, sedangkan
Yahoo! umumnya tidak memiliki preferensi diekspresikan terhadap situs dan
domain dengan tradisi (yaitu yang lebih tua). Jadi Anda mungkin perlu lebih
banyak waktu sampai Anda mendapatkan situs dewasa untuk diterima ke atas di
Google, daripada di Yahoo!.